Read more: Cara Membuat Teks Berjalan di Tab dan Navbar Atas | Mas Bugie [dot] com http://www.masbugie.com/2010/04/cara-membuat-teks-berjalan-di-tab-dan.html#ixzz18iaYLJCm

Rabu, 04 Juli 2012

Company Visit HIMA GIZI UHAMKA ke Pabrik Pocari Sweat-Sukabumi

Tanggal 29 Mei 2012, HIMA GIZI UHAMKA mengadakan kunjungan pabrik ke pabrik Pocari Sweat-Sukabumi Jawa Barat. Peserta kegiatan ini adalah semua pengurus HIMA GIZI UHAMKA periode 2011-2012.
Pada saat di Pabrik pocari Sweat, terdapat beberapa kegiatan yang kami lakukan:

a.              Pengenalan sejarah berdirinya pabrik Pocari Sweat
b.              Pemutaran video proses produksi Pocari Sweat
c.              Pemutaran video awal mula dibuat Pocari Sweat
d.             Sesi Tanya jawab
e.              Kunjungan ke ruangan produksi Pocari Sweat

Sesi Tanya Jawab
Berikut ini merupakan lampiran sesi tanya jawab yang dilakukan setelah pemutaran video produksi dan awal mula dibuatnya Pocari Sweat. Pertanyaan yang diajukan oleh beberapa mahasiswi HIMA GIZI UHAMKA dijawab oleh Ibu Pretty dan Bapak Indra yang merupakan staff dari pihak Pocari Sweat.

Tanya : Apakah ada ahli gizi yang berada di perusahaan ini?
Jawab : Ahli gizi yang berada di pabrik ini ada satu orang, tetapi kurang sesuai dengan pekerjannya. Ahli gizi tersebut menghandle enterprize asset managemen (EAM) program yang  berada di support untuk store. Jadi di store, semua barang yang masuk ke pabrik Pocari masuk ke sana, mulai dari produksi hingga hal terkecil seperti ATK, semua barang masuk ke store dulu. System EAM merupakan sebuah system untuk memudahkan mengatur barang yang masuk dan keluar dari pabrik.

Tanya : Di kemasan Pocari terdapat nilai NaCl yang cukup tinggi, apakah orang yang hipertensi juga dapat  mengkonsumsinya?
Jawab : Pocari Sweat pada awalnya memang  bermula dari cairan infus. Tetapi pada komposisinya, Pocari Sweat dan infus mempunyai beberapa perbedaan. Pocari mengandung sitrat, sedangkan infus tidak, karena infus rutenya parenteral dari pembuluh darah, jika pocari oral melalui mulut. Dan pada kandungan volume, komposisi berbeda. Intinya, Pocari terdiri dari 92% air, dan sisanya terdiri dari gula, garam, dan sitrat.
Kandungan garam di Pocari adalah 45 mg. Jika ada seseorang yang memiliki penyakit hipertensi, silahkan konsultasi ke dokter dulu sebelum mengkonsumsi Pocari. Tetapi jika pada orang sehat (tidak memiliki penyakit) minum sebanyak apapun tidak menimbulkan efek hipertensi. Atau karena mengandung sitrat akan mengakibatkan maag dan karena gula menjadi diabetes.
Karena dalam sehari tubuh kehilangan cairan 2,5 liter, jadi konsep  Pocari adalah minuman sehat yang dikonsumsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang bukan menambah, Hal ini juga tergantung dengan aktivitas seseorang, sehingga tidak ada kekhususan untuk meminumnya dalam dosis tertentu. Jadi pada intinya mindset Pocari dikonsumsi untuk orang sehat, dan infus untuk orang sakit.

Tanya : Kenapa Pocari Sweat bisa awet, padahal tidak menggunakan bahan pengawet?
Jawab : Pada kemasan Pocari terdapat best before, yang merupakan tanggal pengkonsumsian yang baik digunakan sebelum tanggal tersebut. Best before berbeda dengan expired. Untuk minuman biasanya menggunakan best before, karena tidak mengeluarkan racun, jika expired mengeluarkan racun.
Kenapa Pocari Sweat dapat awet walaupun tidak menggunakan bahan pengawet, karena pengawetan terdapat pada proses produksi. Pengawetan pada masing-masing kemasan berbeda-beda. Pada kemasan botol plastik, dilakukan proses pasteurisasi, untuk mematikan bakteri, pada suhu 70˚C. Pada kemasan kaleng juga dilakukan proses pasteurisasi, dan ditambah dengan perlakuan lain. Pada saat pengisian, sebelum kaleng ditutup, ditambahkan gas nitrogen cair, yang fungsinya untuk mengusir oksigen yang biasanya menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Maka pada saat Pocari kaleng dibuka, akan mengeluarkan sedikit udara nitrogen. Dan penambahan gas nitrogen cair itu tidak akan bercampur dengan larutan Pocari. Pada Pocari Sweat sachet, dia lebih tahan lama karena berbentuk bubuk, dan tidak mengandung air.
Gula dan garam yang terdapat pada kandungan Pocari bukan merupakan bahan pengawet. Yang merupakan factor utama adalah menghilangkan bakteri dengan cara pasteuriasasi. Ada beberapa tahap tergantung jenis produksinya yang dibagi menjadi hotpills, semihotpills, dan gas septic, dengan tehnik yang berbeda. Lalu pada tahap kedua media di streilkan, dan pada tahap ketiga adalah menghhilangkan oksigen.

Tanya : Pocari sweat merupakan perusahaan yang didirikan oleh Negara Jepang, apakah bahan baku yang terdapat disini (pabrik Sukabumi) juga merupkan import dari jepang?
Jawab : Tidak semua bahan baku mengimport dari luar negeri. Untuk gula yang digunakan berasal dari Cilegon. Air sebagai bahan baku utama berasal dari gunung salak (yang posisinya tepat di belakang pabrik Pocari Sweat Sukabumi). Untuk garam di import dari New Zealand, dan untuk sitratnya di datangkan dari Jepang.
Pada bahan kemasan botol plastic, Pocari Sweat memproduksi sendiri. Botol plastic yang berasal dari raisin (biji plastic) masih di import dari jepang, lalu diolah dengan menggunakan tekanan uap tinggi sehingga menggelembung, dan tutup botol yang digunakan juga di import dari Jepang. Pada kemasan Pocari Sweat kaleng, keleng yang digunakan 

Tanya : Pada setiap pabrik pasti memiliki limbah, dan untuk Pocari sendiri, bagaimana pengolahan dari limbah pabrik ini?
Jawab : Limbah Pocari sendiri terbagi menjadi 2, limbah cair dan limbah padat. Untuk pengolahan limbah cair tidak terlalu sulit. Karena, pada dasarnya komposisi Pocari terdiri dari 92% air. Setiap hari dilakukan pengolahan limbah cair di suatu tempat tertentu, dimana di tempat tersebut, limbah cair di standarisasi pH nya lalu digunakan kembali untuk kegiatan rumah tangga yang berada di pabrik ini. Seperti air kolam, air untuk toilet. Limbah padatnya, seperti box karton dan botol plastic, pihak Pocari telah bekerjasama dengan putra daerah, yang merupakan masyarakat sekitar. Limbah tersebut akan dimanfaatkan menjadi gayung, ember, dan barang-barang lain yang lebih bernilai, sehingga dengan kata lain limbah padat yang dihasilkan dapat membantu masyarakat.





Tidak ada komentar: