Read more: Cara Membuat Teks Berjalan di Tab dan Navbar Atas | Mas Bugie [dot] com http://www.masbugie.com/2010/04/cara-membuat-teks-berjalan-di-tab-dan.html#ixzz18iaYLJCm

Minggu, 13 Juni 2010

A L K O H O L

Oxford Ensiklopedia Pelajar Jilid 1

Terdapat banyak jenis alkohol yang berbeda-beda. Zat-zat ini adalah cairan yang jernih dan tak berwarna. Yang paling terkenal adalah etanol. Etanol adalah zat kimia yang membuat suatu minuman mengandung alkohol, dan karena sangat lazim sering disebut “alkohol” saja. Campuran etanol dengan sejenis alkohol lain, yang disebut methanol, dijual sebagai “spiritus”. Karena metanol sangat beracun, spiritus diberi warna (biru) dan rasa yangtidak enak agar orang tidak meminumnya.


Kegunaan alkohol

Alkohol dapat melarutkan banyak zat yang tidak dapat larut dalam air dan dipakai sebagai cairan pelarut untuk cat, lem, tinta cetak, minyak wangi, dan cairan untuk bercukur. Larutan ini penting dalam proses pembersihan yang aman dalam pemeliharaan alat-alat listrik misalnya komputer. Di rumah-rumah, alkohol sering kali dipakai untuk membersihkan kuas cat. Alkohol juga dipakai sebagai salah satu bahan dalam pembuatan berbagai larutan kimi lain yang penting, seperti larutan deterjen dan plastic. Cairan yang dipergunakan sebagai zat antibeku mobil, yaitu ethylene glycol, adalah sejenis alkohol.

Beberapa negara seperti Brazil, kekurangan minyak sebagai bahan bakar. Oleh karena itu, mereka menggunakan alkohol yang dibut dari tanaman seperti tebu atau jagung sebagai bahan campuran untuk bahan bakar.


Minuman Berakohol

Etanol yang terdapat dalam minuman alkohol dibuat dari berbagai bagian tanaman dengan proses yang disebut “fermentasi”. Ragi, secara bertahap mengubah gula menjadi etanol. Minuman seperti bir dan lager dibuat dari gandum yang direndam dalam air. Untuk memberinya rasa ditambahkan oatmel, yaitu sejenis gandum lain.

Minuman seperti anggur dan cider dibuat dari sari buah-buahan. Anggur dibuat dari buah anggur dan cider dari buah apel. Kira-kira sepersepuluh dari minuman ini adalah alkohol dan hamper semua sisanya adalah air. Minuman keras seperti brandy, gin, whisky atau vodka dibuat dengan cara penyulingan sejenis cairan seperti anggur. Cairan anggur ini dididihkan dan hamper seluruh alkoholnya menguap terlebih dahulu. Dalam kondensor, uap ini didinginkan dan mencair kembali sebagai alkohol yang hampir murni. Alkohol hasil penyulingan ini dicampur dengan sebagian dari cairan asalnya untuk memberinya raasa dan mengencerkannya. Kurang dari separo minuman keras ini adalah alkohol.



Undang-undang Minuman Keras

Alkohol adalah obat yang mempunyai pengaruh yang kuat terhadap tubuh manusia. Ia mengubah perilaku manusia dan dapat menjurus ke arah tingkah laku yang agresif dan antisosial. Di hampir seluruh negara terdapat undang-undang yang membatasi pemakaian alkohol, untuk mencegah akibat pemakaian yang terlampau banyak. Misalnya, toko-toko dilarang menjual minuman alkohol kecuali yang mempunyai izin untuk itu dan anak-anak di bawah umur biasanya dilarang membeli atau minum alkohol di tempat-tempat umum. Agama Islam melarang semua penganutnya meminum alkohol, maka di Arab Saudi dan negara-negara lain yang melaksakan hukum Islam minuman alkohol adalah melanggar hukum agama.

Tidak ada komentar: