Read more: Cara Membuat Teks Berjalan di Tab dan Navbar Atas | Mas Bugie [dot] com http://www.masbugie.com/2010/04/cara-membuat-teks-berjalan-di-tab-dan.html#ixzz18iaYLJCm

Sabtu, 12 Juni 2010

S E H A T

Oxford ensiklopedia pelajar jilid 4


Kesehatan yag baik sangat sulit untuk diukur, tetapi kenyataannya kesehatan adalah faktor terpenting dalam kehidupan. WHO (Badan Kesehatan Dunia) telah mendefinisikan bahwa “kesehatan adalah suatu keadaan di mana fisik, mental, dan sosialisasi seseorang mencapai tahap yang sama baiknya”. Hal ini belum tersebar secara merata di dunia. Umumnya, penduduk di Negara miskin memilki tingkat kesehatan yang buruk, sedang penduduk di Negara kaya sebaliknya. Seorang bayo yang lahir di Sierra Leone memiliki kesemapatan 30 kali lebih besar untuk meninggal sebelum berusia 1 tahun dibandingkan dengan bayi yang lahir di Swedia. Seorang wanita Jepang dapat hidup 35 tahun lebih lama daripada seorang wanita Bangladesh.

Kesehatan yang baik bergantung pada berbagai faktor yang berbeda. Diperlukan lingkungan yang sehat, tingkat pengobatan yang memadai bila kita sakit, dan juga pemeliharaan yang baik untuk tubuh dan kehidupan kita.

Lingkungan Yang Sehat

Banyak penyakit yang disebabkan oleh lingkungan tempat tinggal. Makanan yang sudah tidak segar lagi atau makanan yang tidak dipersiapkan dengan baik dapat menyebabkan keracunan salmonella, tifus, dan disentri. Air yang kotor dapat menyebabkan kolera, sedang udara kotor dapat menyebabkan bronchitis. Pembangunan perumahan yang kondisinya tidak memadai dapat menyebabkan kecelakaan, dan kesehatan pekerja dapat terganggu karena asap, suara keras, deru mesin, stress, dan ketegangan mental. Di Eropa dan Amerika Utara terjadi kemajuan yang besar dalam faktor kesehatan pada 100 tahun terakhir, hal ini ditunjang oleh hukum yang menetapkan standar kesehatan dan adanya pengawas yang bertugas memastikan bahwa standar tersebut tidak dilanggar. Tetapi di negara miskin, yang didiami oleh ¾ penduduk dunia, masih banyak penyakit dan kematian yang disebabkan oleh air kotor, kebersihan yang tidak terjaga, dan kurangnya makanan yang baik.

Perawatan Kesehatan

Ilmu kesehatan sudah menemukan cara-cara untuk mengobati gangguan kesehatan. Obat-obatan dan ilmu kedokteran dikembangkan secara terus-menerus. Alat-alat baru, seperti alat penyaring gambar tubuh sangat membantu dalam menemukan penyakit yang diderita untuk kemudian diobati. Perlatan yang sangat kecil dan sinar laser memungkinkan para dokter untuk melakukan operasi beberapa tahun yang lalu dianggap tidak mungkin. Dan perawatang yang baik dapat mencegah orang yang sakit menjadi parah.

Tetapi alat-alat kedokteran yang modern memerlukan biaya yang tidak sedikit. Tidak ada negara yang dapat mengeluarkan biaya yang sedemikian besar untuk membuat segalanya menjadi mungkin, dan hanya beberapa negara yang mampu membiayai alat-alat modern tersebut. Sebagai tambahan, ilmu kedokteran belum dapat menemukan cara penyembuhan beberapa penyakit penting, seperti beberapa jenis kanker, gangguan mental, ataupun infeksi virus. Dan sebagian orang berpendapat bahwa bila pencegahan terhadap suatu penyakit dilakukan secara dini maka biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit daripada untuk perawatan dan penyembuhan penyakit tersebut.

Perwatan Kesehatan Anda

Sebuah lingkungan yang sehat dan perawatan kesehatan yang baik adalah faktor yang amat penting dalam menciptakan kesehatan itu sendiri, tetapi faktor manusia juga memiliki peran yang besar. Dengan merokok, orang memiliki resiko untuk terkena penyakit kanker paru-paru, bronkhitis, dan penyakit-penyakit lain. Apabila orang berhenti merokok, maka presantase resiko terkena kanker paru-paru akan turun samapi pada titik terendah, dan kanker paru-paru digolongkan ke jenis penyakit penting yang “dapat dicegah”.

Minum terlalu banyak kalkohol juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Dan banyak bukti menunjukkan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi makanan berkadar lemak tinggi lebih mudah terkena penyakit jantung. Makanan manis dapat merusak gigi dan menyebabkan kelebihan berat badan. Dengan melakukan latihan yang rutin, seseorang dapat meningkatkan tingkat kesehatannya. Jadi kita semua bertanggung jawab atas kesehatan kita dan harus mampu menjaganya.

Cara agar tetap sehat :

  1. cara makan yang baik dengan mengkonsumsi beragam makanan terutama makanan yang segar
  2. latihan atau olahraga yang tertatur
  3. imunisasi untuk mencegah penyakit menular
  4. menjaga kebersihan badan, pakaian dan lingkungan sekitar
  5. menjaga berat badan
  6. perawatan gigi yang tertatur
  7. menghindari rokok, minuman berakohol, dan obat-obatan terlarang

“perhatikan kesehatan anda ; dan bila Anda memilikinya, bersyukurlah kepada Tuhan YME dan anggaplah hal itu kesadaran yang baik; karena kesehatan adalah rahmat kedua bagi kita makhluk hidup; sebuah rahmat yang tidak dapat dibeli oleh uang.” Izaak Walton, The Compleat Angler

Tidak ada komentar: